I/O PORT
A. Keyboard Dan Mouse
Pengertian Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papan yang
terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikan kalimat dan symbol-simbol
khusus lainnya pada computer.Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104
tombol.Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin
ketik.
Keyboard dibedakan menjadi 4, yaitu:
a.Keyboard Serial
Menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe At
b. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.
c. Keyboard wirelless
Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung koneksi yang digunakan infra red,wifi ataupun Bluetooth.
d. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis konfistor USB yang menjamin menstransfer data yang lebih cepat.
Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
- Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
- Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian
khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk
memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya
disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
- Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan
beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat
dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi
maupun aplikasi.
- Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol
terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini
adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric
keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl),
alternate (alt) dan escape (esc).
Pengertian Mouse
Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus[1].
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk
tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah
kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus
bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh
permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak
menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi
gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
Galeri
B. Output Device
Output device (unit keluaran)
Unit
keluaran adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan
oleh CPU. Dalam teori kontrol,output dari suatu sistem adalah apa yang
dapat diukur. Spesifik, output dibedakan dari negara. Dalam rekayasa
keluaran istilah dapat merujuk kepada:
1. Ouput daya atau kerja mesin.
2. Sebuah diamati keluaran, seperti jarak dipindahkan atau kecepatan dari sistem mekanis.
Dalam
interaksi output informasi yang dihasilkan oleh program komputer dan
dirasakan oleh pengguna .Jenis-jenis program menghasilkan keluaran, dan
jenis-jenis input program menerima, menentukan antarmuka pengguna
program.
Dalam konteks ini,umpan balik dan
keluaran sering digunakan secara bergantian. Namun, output cenderung
untuk merujuk pada output eksplisit, sesuatu yang sengaja disediakan
untuk user, sedangkan produk sampingan umpan juga meliputi operasi.
Dalamengelolahan
informasi, output adalah proses transmisi informasi atau informasi yang
ditransmisikan itu sendiri.. Output dari satu proses mungkin membentuk
masukan untuk lain prosesor imformasi prosesor informas.Pada
dasarnya, output data keluar sistem komputer. Ini bisa dalam bentuk
kertas cetakan, audio, video. Dalam industri medis ini mungkin termasuk
CT scan atau x-ray. Biasanya dalam komputer, data yang dimasukkan
melalui berbagai bentuk (input) ke dalam komputer, data sering
dimanipulasi, dan kemudian informasi yang disajikan kepada manusia
(output).
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
a. Speaker
Speaker
akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda
mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan
terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang
diperlukan adalah speaker.
b. Printer
Printer
adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau
gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan,
adalah.
· Impact,
printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan
menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
· Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
· Berdasarkan pekembangan teknologinya :
· Pin Dot matrix
· Ink jet
· Laser
· Thermal
Pin
dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh
head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu
transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit
transmission).Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter
by character), baris per baris (line by line), atau halaman per
halaman (page by page).Secara umum printer yang umum digunakan terdiri
dari tiga jenis, yaitu.
· Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
· Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
· Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah micro processor (ALU,
Internal Communication, Registers dan control section), Output device
terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari
harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory
terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada
sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem,
Capture Card.
4. Peripheral
Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer,
biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat
peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer
menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah
terpasang didalam casing.
1. Peripheral utama (main peripheral)Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
1. Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
2. Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
Berikut ini contoh jenis-jenis peripheral dengan berbagai tugasnya:
KEYBOARD
Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared ataupun radio frequency.
MOUSE
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Untuk versi lama, didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Sekarang mouse tidak menggunakan bola karet lagi, tetapi menggunakan sinar ataupun laser, biasanya disebut optical mouse atau laser mouse. Mouse biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga sudah banyak diproduksi.
LIGHTPEN
Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
TRACKBALL
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
MONITOR
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor semuanya sudah berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.
Monitor juga sudah banyak berubah dari bentuk awalnya, yang berupa CRT Monitor (berbentuk tabung), sekarang sudah menjadi LCD Monitor, bahkan produksi terbaru sekarang sudah menggunakan teknologi LED, yang dinamakan LED LCD Monitor. Daya yang digunakan juga sudah semakin rendah dan ukuran layarnya juga bervariasi dari kecil sampai besar.
Jenis lainnya yaitu touch screen monitor, yaitu monitor yang dilengkapi dengan teknologi untuk bisa menangkap sentuhan dilayar, jadi pemakai semakin dimanjakan untuk bisa mengoperasikan. Biasanya digunakan untuk tujuan khusus, misalnya di restourant ataupun sebagai media promisi untuk menampilkan informasi, sehingga untuk berinteraksi, pemakai cukup menyentuh layar monitor saja, tanpa perlu menggunakan keyboard atau mouse.
PRINTER
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.
SCANNER
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).
MICROPHONE DAN SPEAKER
Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.
JOYSTICK
Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.
JOYPAD/GAMEPAD
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.
KAMERA DIGITAL
Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar